Blog Kesehatan Pengobatan Penyakit Secara Tradisional Alami

Cara mengatasi bronkitis secara alami

Cara mengatasi bronkitis secara alami, Bronkitis merupakan suatu kondisi peradangan pada area bronkus (yakni saluran udara menuju paru-paru). Bronkitis umumnya bersifat ringan yang pada akhirnya dapat sembuh total. Bronkitis sendiri biasanya disebabkan oleh adanya infeksi seperti campak, batuk rejan, dan radang tenggorokan. Selain itu, bronkitis bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit bronkitis yang berulang terjadi bisa dialami oleh perokok maupun penderita sakit paru-paru dan saluran pernapasan yang sifatnya menahun. Infeksi yang berulang ini bisa terjadi sebagai akibat dari kondisi sinusitis kronis, alergi, bronkiektasis, serta pembesaran amandel di kalangan anak-anak.

Bronkitis terbagi atas dua tipe, yaitu bronkitis kronis dan akut. Bronkitis kronis dicirikan dengan batuk yang lama sembuh, disertai dahak yang banyak, dan utamanya terjadi pada pagi hari atau di saat tidur. Penyakit ini umumnya didahului oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan sebelah atas. Sementara bronkitis akut tandanya berupa batuk disertai demam dan dahak berwarna kekuningan. Bronkitis akut pada umumnya juga mengenai area paru lainnya. Selain kedua tipe bronkitis diatas, ada juga jenis bronkitis lainnya, yakni bronkitis iritatif yang bisa disebabkan oleh bermacam jenis debu, amonia, asap dari sumber asam yang kuat, maupun sejumlah pelarut bersifat organik seperti hidrogen sulfida, sulfur dioksida, serta klorin yang biasanya ditemukan pada asap dari kebakaran hutan. Bronkitis bisa juga diakibatkan oleh polusi udara dan rokok / tembakau. Pengobatan bronkitis biasanya ditempuh dengan memberikan obat antibiotik atau obat simptomatik. Sedangkan apabila bronkitis disebabkan oleh keberadaan virus, biasanya dapat sembuh sendiri jika penderita banyak istirahat dan makan makanan bergizi. Bagi perokok, dianjurkan untuk berhenti merokok sebab asap rokok dapat menjadi pemicu serangan bronkitis. Selain cara-cara diatas, ada beberapa cara yang akan kami uraikan pada bagian selanjutnya untuk mengatasi bronkitis secara alami.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi bronkitis secara alami, ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala bronkitis agar bisa membedakannya dari penyakit lain yang mirip, seperti Tuberkulosis. Tuberkolosis sendiri disebabkan oleh serangan kuman bernama Mycobacterium tuberculosis, yang mana kepastian penyakit ini didapat dari rontgen dada dan tes laboratorium pada sampel dahak. Gejala-gejala seseorang terkena penyakit bronkitis diantaranya sebagai berikut:

• Batuk berdahak (warna dahak bisa kemerahan)
• Sering mengalami infeksi pernapasan (semisal flu)
• Sesak napas saat melakukan aktivitas ringan atau olahraga
• Sakit kepala
• Pipi terlihat berwarna kemerahan
• Gangguan penglihatan.

Cara mengatasi bronkitis secara alami


Untuk mengatasi bronkitis secara alami, sebenarnya banyak bahan obat tradisional yang bisa kita manfaatkan dari berbagai macam tumbuhan atau tanaman obat di sekitar kita. Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan yang bisa gunakan untuk mengobati penyakit bronkitis secara alami beserta cara mengolahnya:

  1. Cara mengatasi bronkitis secara alami yang pertama
    Ambil daun patikan kerbau dan daun poko sebanyak 1/3 genggam, lalu cuci bersih dan selanjutnya tumbuk daun tersebut sampai halus. Bubuhi dengan minyak jeruk sitrun sebanyak 2 sendok lalu remas-remas. Kemudian balurkan ramuan tersebut di bagian leher penderita, lalu balut. Ulangi terapi tersebut hingga 2 kali sehari atau sebanyak yang dibutuhkan.

  2. Cara mengobati bronkitis secara alami kedua
    Ambil 2 kuntum bunga kembang sepatu, Selanjutnya cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Tambahkan segelas air yang sudah masak dan sedikit garam dapur, lalu peras dan saring airnya. Minumkan air perasan ramuan tersebut hingga 2 kali sehari pada penderita dengan dosis 2 sendok makan per-minumnya.

  3. Mengobati bronkitis secara alami cara ketiga,
    Siapkan beberapa bahan berikut:
    1/3 genggam daun bayam duri, Sebatang rumput bolong, Sebatang orang aring, ½ jari polasari, 1 sendok teh adas, 3 jari gula enau, ¼ genggam kayu anginCaranya:
    Seluruh bahan ramuan diatas dicuci sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam air mendidih sebanyak empat gelas, tunggu hingga menyisakan air setengahnya saja. Biarkan hingga dingin ambil airnya. Kemudian minumkan air rebusan tadi hingga 2x sehari pada penderita sebanyak ½ gelas per-minumnya.


Itulah beberapa resep tradisional cara mengatasi bronkitis secara alami. Semoga dengan mempratekkan cara-cara tersebut, sakit bronkitis yang anda derita bisa segera sembuh. Apabila telah sembuh, mulailah untuk kembali ke pola hidup sehat. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Posting Komentar